PENGARUH ADVERTISING (PERIKLANAN) YANG EFEKTIF TERHADAP TINGKAT HUNIAN PADA HOTEL DANAUTOBA INTERNATIONAL MEDAN

Penulis

  • Hironymus Ghodang Universitas Darma Agung

Kata Kunci:

Sistem Komputerisasi, Efektivitas Kerja Pegawai

Abstrak

Hotel Danau Toba International Medan adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perhotelan dimana hotel ini mempunyai target penjualan yang harus dicapai setiap tahunnya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui strategi periklanan. Melihat pentingnya periklanan, penulis merasa tertarik untuk menelaah lebih jauh tentang periklanan yang dilakukan oleh Hotel Danau Toba International Medan. Untuk itu penulis memberi judul skripsi ini “Pengaruh Advertising (Periklanan) Terhadap Tingkat Hunian Pada Hotel Danau Toba International Medan”.Berdasarkan urain diatas, maka penulis merumuskan permasalahan yaitu :“Apakah biaya advertising (periklanan) yang efektif  berpengaruh signifikan dalam meningkatkan tingkat hunian pada Hotel Danau Toba International Medan”. Dari perumusan masalah diatas, maka penulis membuat hipotesis sebagai jawaban sementara adalah “Terdapat pengaruh Advertising (Periklanan) yang efektif terhadap tingkat hunian pada hotel Danau Toba Internatioanal Medan”. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan biaya periklanan Hotel Danau Toba International Medan dan sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari laporan biaya periklanan yakni 5 tahun terakhir tahun 2012 – 2016. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear dengan bantuan SPSS 20.0. Penelitian ini memperoleh hasil analisis regresi linear sederhana adalah  Y = 3.692.094.419+24.901X, diartikan bahwa tingkat hunian bernilai 3.692.094.419 saat biaya periklanan bernilai 0 dan 24.901 menyatakan bahwa setiap peningkatan biaya periklanan sebesar Rp. 1 maka tingkat hunian akan meningkat Rp. 24.901. Hasil pengujian statistik dimana thitung 9,814 > dari ttabel 2.353, yang artinya biaya periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat hunian. Selanjutnya, berdasarkan Uji koefisien determinasi diperoleh R Square 97% sedangkan sisanya yaitu 3% yang dipengerahui variabel lain yang tidak diteliti. Adapun saran dalam penelitian ini adalah agar perusahaan lebih mempertimbangkan efektif dan efesiensi periklanan sehingga biaya yang dikeluarkan dapat digunakan dengan optimal.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-04

Terbitan

Bagian

Artikel